Satu Instant Messenger untuk Semua Aktivitas Online

im_3Saya baru aja nemu sebuah instant messenger yang sangat komplit. Saya belum cek apakah ini baru atau lama, tapi saya menemukan link keberadaannya melalui Twitter, namanya Digsby. Digsby adalah sebuah aplikasi online kategori instant messenger yang dapat menghubungkan Anda ke account Yahoo, Facebook, Twitter dan lain sebagainya.

Yang paling menarik dan yang saya sangat suka adalah hanya karena sebuah aplikasi ini saya bisa online setiap hari yang biasanya satu persatu saya buka maka saat ini cukup satu saja. Namun perlu diperhatikan bagi Anda yang menggunakan PC/laptop dengan memori kecil karena program ini cukup berat apalagi saat awal dibuka. Program ini cocok sekali buat saya yang selalu online pakai Yahoo Messenger, sekaligus online pada server jabber kantor saya.

Untuk mulai menggunakan program ini Anda diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu disana. Setelah berhasil login Anda tinggal melakukan setting satu persatu account mana aja yang ingin dikoneksikan. Yang cukup menarik adalah tersedianya akses menuju email-email Anda. Dimanapun email Anda terdaftar seperti Yahoo, Gmail atau email pada domain sendiri dapat dengan mudah untuk di cek setiap Anda mendapatkan email baru.

im_1Bagi Anda yang selalu aktif menggunakan Twitter dan Facebook maka Anda dapat selalu memantau daftar teman-teman Anda yang online saat itu. Pada twitter kita bisa melakukan update setiap saat tanpa harus membua web Twitter. Sedangkan untuk Facebook, jika dapat ngobrol dengan teman Anda yang sedang online layaknya seperti pada Yahoo Messenger.

im_2Digsy memberikan layanan widget yang bisa ditempatkan pada website/blog Anda. Silakan lihat contohnya pada halaman utama blog saya disebalah kanan. Disana Anda bisa melihat status saya sedang online atau tidak. Anda dapat meninggalkan pesan layaknya kita sedang ngobrol via messenger lainnya.

Digsby juga mendukung penuh layanan Jabber, dimana Jabber adalah sebuah standar protokol untuk layanan messenger. Pada intinya Digsby mirip seperti layanan messenger lain hanya saja lebih komplit karena standar protokol yang digunakan adalah Jabber, itulah sebabnya Digsby bisa mengkoneksikan dirinya ke berbagai layanan messenger lain. Pertanyaannya mengapa kita perlu membuat account pada Digsby sedangkan kita sudah punya account di Yahoo, Facebook, Twitter dan lainnya? hal ini dikarenakan Digsby yang akan menyiapkan semacam ‘gateway’ menuju ke masing-masing layanan online tersebut.

Ok selamat mencoba semoga bermanfaat :).


14 Balasan untuk “Satu Instant Messenger untuk Semua Aktivitas Online”

  1. Pertama…
    Mas, bayar apa gratis ? ntar culas kayak yahoo…ketika ada aplikasi lain yang bisa connect dengan YM, lantas YM diperbaharui dengan segala macam tetek mbengek yang tidak perlu. Tapi layak dicoba ya ? 😀

    1. Gratis pak aldy, sejauh ini bisa dipake pak. Kebetulan dikantor saya buat aplikasi jabber pake openfire, disana tersedia url dg port tertentu yg bisa membuat koneksi dari messenger kita ke yahoo. Nah Digsby jg sama seperti itu, software lain yg sudah saya coba adalah pandion, dia jg di koneksikan ke yahoo. Pada prinsipnya bukan software messenger-nya yg mampu melakukan itu, tp jabber server-nya lah yg punya fasilitas mengkoneksikan banyak software messenger ke berbagai layanan messenger yg ada saat ini

  2. salam kenal mas…sory kalo ngisi komentar d sini….abis bingung mau nulis pesen nya d mana, bisa bantuin buat kolom buku tamu nda mas. terima kasih

  3. mat kenal admin, udah tau info yg menguntukan blemun, dan ini menarik juga sebelum kunjungi ke blogku dan maju untuk bersama.mks blognya bagus.

  4. iya pak.. sebenarnya sudah lama mo coba digsby, tapi sayang belum ada untuk versi linuxnya.. itu yang membuat sedih … hik hik…

  5. Mas saya sdh memakai digsby dan hasilnya baik. Tapi sekarang ini saya lagi ada masalah dengan mengkoneksikan digsby dengan openfire, sdh di setting berulang2 tetap tidka bisa. Utk wildfire (versi lama dari openfire) bisa, nah kenapa yach tidka mau connect utk ke openfire. Tolong dong mas, thank’s.

    1. @Sujono

      Kemungkinan besar openfire blom mendukung versi Digsby yg Anda gunakan, atau malah sebaliknya digsby gak bisa jalan di openfire. Saya juga pakai openfire tp untuk messenger-nya pakai Jabber bisa jalan lancar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *