Pilih WordPress atau Blogspot?

blogger-versus-wordpress

Dilihat dari judulnya memang sudah bisa ditebak kearah mana pembicaraan saya pada tulisan kali ini. Seperti Anda ketahui bahwa media blog atau platform untuk aktivitas ngeblog yang paling populer adalah WordPress dan Blogspot (Blogger). Keduanya sangat populer diukur dari jumlah pengguna yang menjadikan mereka sebagai media blog.

Saya akan mengupas tuntas mengenai kedua platform blog tersebut untuk memudahkan Anda menentukan mana yang terbaik untuk dipilih. Namun saya beritahukan terlebih dahulu kesimpulannya sebelum saya menulis, mengapa? karena sekali lagi menurut saya keduanya memang memiliki keunggulan dan kelemahan.

Lebih Mendalam Mengenai Blogspot

blogger_logoBlogspot terlahir lebih dahulu ketimbang WordPress, sebelum diakuisisi oleh Google maka Blogspot memang sudah sangat populer karena kemudahannya untuk digunakan secara instant. Anda tidak perlu susah payah untuk menentukan nama domain Anda bahkan membelinya, cukup siapkan dipikiran Anda nama identitas yang sesuai untuk memulainya.

Dengan berbekal sebuah email valid Anda sudah cukup untuk memiliki sebuah blog, Bahkan hanya dengan satu buah email saja Anda bisa memiliki banyak blog. Blogspot lengkap dengan berbagai fitur untuk keperluan ngeblog mulai dari layout yang tersedia gratis dari berbagai sumber, widget atau gadget yang akan memperkaya nuansa blog Anda serta banyak hal lain selain standar aplikasi blog yang mengacu pada standar web2.0.

Tidak hanya sampai disitu, saat ini Blogspot dapat dimodifikasi dengan menggunakan nama domain Anda sendiri. Satu-satunya alasan menurut saya kenapa menggunakan nama domain sendiri adalah karena blog Anda sudah sangat terkenal, sehingga dibutuhkan sebuah brand khusus yang akan menaikkan citra Anda. Saya sudah pernah menuliskan artikel bagaimana caranya memindahkan Blogspot Anda menggunakan domain pribadi.

Karena mendapatkan saingan yang cukup signifikan dari WordPress.com maka Google memutar otak lebih keras bagaimana caranya meningkatkan performa dan fitur melalui Gadget-nya. Bahkan secara khusus Google memperkenankan para blogger-nya untuk mengintegrasikan berbagai layanan Google lainnya untuk di gabungkan.

Berdasarkan pengalaman beberapa tahun menggunakan Blogspot beberapa kelemahan yang saya rasakan adalah kurang fleksibel dari sisi desain layout atau tampilan serta keterbatasan fitur khusus blog lain yang dapat digunakan. Banyaknya kasus gagal mengganti template blogspot juga menjadikan isu tersendiri bagi pada blogger. Silakan baca tulisan saya yang cukup mendapat hits tinggi mengenai bagaimana cara mengganti template blogspot, dimana rata-rata banyak yang gagal mengganti template dan akhirnya stress :D.

WordPress: Media Segala Media

wordpress-logoMengapa saya menyebutnya seperti itu karena WordPress saat ini telah berkembang tidak hanya sebagai platform untuk ngeblog semata. WordPress adalah CMS (Content Management System) yang sangat menjanjikan. Yang paling saya sukai dari WordPress khususnya WordPress self-hosted adalah sangat fleksibel untuk dimanfaatkan.

WordPress juga mengeluarkan versi yang sama dengan Blogspot yaitu WordPress.com. Dimana Anda juga tidak perlu menentukan nama domain khusus karena cukup berbekal sebuah identitas unik sebagai subdomain dan bisa langsung secara instant digunakan.

WordPress.org sangatlah powerful, apapun kebutuhan Anda untuk keperluan ngeblog telah tersedia. Mulai dari desain template wordpress yang luar biasa tersedia banyak di Internet serta berbagai macam desain yang unik dan indah hingga plugins yang akan memperkaya media blog Anda menjadi semakin bermanfaat dan menyenangkan.

Pengen tahu cara instalasi WordPress.org? silakan baca tutorial instalasi WordPress.

Tentukan pilihan Anda!

Jika ditanya mana yang Anda pilih? saya sangat menganjurkan Anda untuk menggunakan keduanya. WordPress sebetulnya sudah menjawab sebuah kebutuhan Anda dan saya yakin sekali dengan itu. Namun jangan anggap remeh Blogspot, karena satu-satunya alasan saya adalah karena masalah trafik. Apalah gunanya Anda ngeblog tanpa ada orang yang membaca.

Lihatlah nama besar Google dibalik nama Blogspot dan ini dalah jaminan. Setidaknya Google sedikit lebih memperhatikan dunia blog dan sangat cinta mati dengan media blog apalagi mereka memiliki platform khusus blog sendiri yaitu Blogspot.

Apabila Anda memang serius untuk ngeblog guna keperluan yang lebih menantang gunakanlah WordPress.org. Tanpa basa-basi lagi Anda pasti sudah tahu jawabannya. Lihatlah beberapa nama blog besar dijagad internet seperti Techcrunch, Mashable, John Chow, Shoemoney dan lainnya menggunakan WordPress sebagai CMS.

Bagaimana pendapat Anda? saatnya menentukan pilihan!.

34 Balasan untuk “Pilih WordPress atau Blogspot?”

  1. Ada beberapa alasan kenapa saya meninggalkan WordPress untuk sementara ini,

    pertama adalah karena nama besar Google dibelakang Blogspot sebagaimana ulasan mas Yudhi diatas, kedua ga tau kenapa koneksi saya selalu error dan lelet setiap kali buka blog di WP, walhasilnya blog yang di WP jadi ga keurus deh, padahal saya cinta mati sama WP, tapi platfom Blogger saya juga suka :)

    1. @Harsoyo

      Menurut saya isu masalah itu masuk kategori performance wordpress yg di install pada shared hosting. Memang jika kita memakai situs hosting yg rada2 murahan dan sangat minim bandwidth cukup membuat performance wp menjadi menurun, kita harus pintar2 milih hosting yg baik dan gunakan plugins kategori cache utk mendongkrak kinerjanya

  2. Permisi numpang nanya, apa bisa migrasi dari platform blogspot ke WP? trus data ama templetenya apa bisa dipindah juga? Mohon pencerahan, Thanks…

  3. Kalo urusan seo WP no1, saya sendiri pakai homenya blogspot karena support adsense sedangkan urusan seo / agregratnya saya pakai WP

  4. http://padmimonang.wordpress.com/

    thanks info nya mas bro, gw sendiri pengguna wordpress walaupun masih newbie bgt, wordpress gw umur nya br 1 mingguan hahaha..

    tapi menurut pengalaman gw sejauh ini, wordpress jauh lebih flexibel dibanding blogspot, karena g ribet css dan html nya..walaupun wordpress gratisan memang memiliki kekurangan dr berbayar, namanya jg gratis kan…..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *