Google+ Jejaring Sosial dari Google

google+

Sudah dengar Google+ atau Google Plus? mungkin belum banyak yang mendengarnya termasuk Saya. Google+ konon katanya adalah sebuah layanan terbaru dari Google di level jaringan sosial atau social netwoking seperti Google, MySpace dan Friendster. Tampaknya isu mengenai Google akan membuat jejaring sosial seperti Facebook telah menjadi kenyataan.

Saya yakin Google tidak akan pernah mau mengakui kalau Google+ karena ingin seperti Facebook yang saat ini sudah lebih dari 750 juta orang bergabung. Namun mau tak mau dapat dikatakan bahwa Google telah melakukannya. Namun tentu saja Google tidak akan membuat sebuah jejaring sosial yang sama dengan Facebook. Saya juga yakin bahwa Google punya teknologi dan manfaat khusus yang bisa dikatakan berbeda dari jejaring sosial lainnya.

Alasan Google Membuat Google+

Banyak alasan yang membuat akhirnya Google+ menjadi sebuah jejaring sosial, salah satu alasan terkuat adalah semakin banyaknya model bisnis, pertemanan, permainan dan lainnya berbasiskan komunitas. Facebook adalah pionir dilevel ini dengan banyaknya berbagai hal yang bisa dilakukan secara bersama-sama bermain game, berbisnis dan yang paling sederhana adalah mencari teman lama hingga menambah teman baru.

Alasan lain yang cukup kuat adalah semakin populernya Facebook juga termasuk Twitter yang cukup menggerus pendapatan Google dari sisi periklanan. Juga semakin populernya kekuatan jejaring sosial yang bisa menjangkau banyak orang diberbagai negara. Contohnya saja sejak awal berdiri Google hingga tahun 2009 lalu Google selalu merajai popularitas sebagai tempat tujuan utama mencari berbagai hal. Memang Google tidaklah menurun popularitasnya hingga Saya tulis artikel ini namun semakin melonjaknya kepopuleran Facebook dan Twitter-lah yang cukup membuat Google khawatir dimana mereka selalu kalah dalam hal yang satu ini.

Contoh nyata di Indonesia saja, menurut ranking Alexa saat ini Facebook merupakan tujuan pertama yang paling sering digunakan oleh banyak orang. Bandingkan dengan data sekitar 2 tahun lalu dimana Google.co.id selalu menjadi rajanya. Memang Facebook saat itu sudah membayang-bayangi di nomor 2 hingga akhirnya tahun 2010 kemarin berhasil menyalip Google sebagai situs terpopuler yang paling sering dikunjungi oleh orang Indonesia, bahkan pengguna Facebook Indonesia adalah terbanyak kedua setelah Brazil.

Sejarah Google di Dunia Jejaring Sosial

Mungkin banyak yang belum tau kalo Google sebetulnya telah memiliki sebuah jejaring sosial bernama Orkut yang sebenarnya cukup populer namun tidak di Indonesia. Orkut sangat populer di Brazil dan Amerika Latin namun tidak di negara lain. Google juga pernah membuat Google Wave yang pada akhirnya dihentikan karena dinilai gagal. Perlu diketahui juga bahwa Google juga membuat situs serupa Twitter bernama Google Buzz dan juga termasuk kategori gagal. Google akhirnya mengeluarkan layanan serupa bernama Google+1 yang tampaknya juga mirip dengan fitur Facebook Like.

Fitur dan Layanan Google+

plus_google_com_circle

Pada prinsipnya layanan Google+ adalah berbasis komunitas, seperti mencari dan menambah teman. Uniknya Google lebih mengutamakan lingkungan dari sebuah komunitas dan fitur ini dinamakan Circle. Dengan adanya Circle kita bisa mengatur beberapa orang dalam sebuah lingkungan yang kita tentukan sendiri seperti lingungan keluarga, kantor, teman bisnis, teman sekolah, teman berolah raga, teman bermusik dan lain sebagainya. Adanya lingkungan atau kondisi yang sama, maka kita bisa berbagi pengalaman dan mendapatkan informasi yang sesuai dengan keinginan kita.

Contoh misalkan Anda mengumumkan sebuah undangan pernikahan dalam waktu 2 minggu dari sekarang, maka yang berhak menerima undangan tersebut bisa Anda tentukan dan tidak ke semua teman. Beda halnya dengan Facebook, dimana kita selalu saja menerima aliran informasi (stream) oleh orang yang mungkin saja tidak kita kenal secara baik dan pada akhirnya Anda menganggap itu adalah info “sampah”. Circle dapat mengatur hal tersebut secara mudah dan inilah yang paling unik dari Google+. Contoh lain adalah informasi detail tentang pekerjaan Anda, mungkin Anda tidak ingin semua orang tahu apa pekerjaan Anda namun boleh diketahui oleh beberapa orang saja yang sudah Anda tentukan dalam sebuah circle khusus. Jika Anda menggunakan interface bahasa Indonesia maka Circle langsung diartikan oleh Google menjadi Lingkaran jadi jangan bingung dimana mencari fitur Circle ya.

Fitur Sparks, merupakan layanan dimana kita bisa mencari dan membuat persamaan kebiasaan atau hobi akan sesuatu. Misalkan hobi fotografi maka bisa menemukan dan mendapatkan berbagai informasi mengenai fotografi dari berbagai orang yang kita kenal maupun belum. Banyak hal yang bisa kamu temukan di Internet dan pasti ada yang kamu sukai diantaranya, nah disinilah fitur Sparks bekerja, dimana kita bisa berdiskusi mengenai hal yang sama dengan orang lain. Saat kamu memasuki fitur ini langsung akan dihadapkan pada apa yang paling menarik dan populer saat tersebut. Melalui fitur ini pula layanan Google+1 dapat kamu gunakan untuk memberikan penilaian terhadap sebuah topik tertentu. Jika suatu saat kamu tidak lagi suka dengan topik tersebut dengan mudah kamu bisa membuangnya.

plus_google_com_stream

Fitur Stream adalah jantungnya komunikasi dan sebuah komunitas. Facebook dan Twitter sangat populer dikarenakan adanya fitur ini. Dengan adanya Stream, kamu bisa ngobrol sepuasnya dengan berbagai orang yang berbeda dalam kondisi terbuka (public) maupun lingkaran (circle) tertentu. Sekali lagi fungsi Circle dapat kamu manfaatkan untuk meletakkan obrolan yang tepat dan layak untuk diterima oleh orang lain.

Google+1 plus-1-image

Cara kerja fitur ini memang mirip dengan Facebook Like. Dimana kamu bisa dengan leluasa menambahkan apa yang kamu suka, setujui dan rekomendasikan diberbagai situs di Internet. Belakangan ini Google+1 dapat kamu temui diberbagai situs yang telah menerapkannya terutama di jaringan Google sendiri, blog dan lainnya.

Sebagai contoh kamu dapat menemukan tombol Google+1 di hasil pencarian Google, di layanan iklan milik Google ataupun artikel yang sedang kamu baca disebuah situs berita atau blog.  Konon katanya dengan implementasi Google+1 pada sebuah situs dapat meningkatkan rating pencarian pada mesin cari Google saat ini.

Google+1 juga akan selalu tampil di Stream Google+ dan juga akan tampil di hasil pencarian Google. Jika kamu sudah tidak lagi suka dengan sesuatu hal tersebut yang sebelumnya kamu suka, maka dengan mudah bisa membatalkannya dikemudian hari.

plus_google_com_hangout_videoFitur Hangout mungkin cocok buat anak muda zaman sekarang, ini cara termudah untuk memeberitahukan pada banyak orang bahwa Anda sedang online dan ingin hangout. Dengan adanya fitur ini kamu dapat bercakap-cakap dengan temanmu melalui layanan chat dalam sebuah ruang khusus termasuk juga video chat. Fitur Hangout juga cocok untuk bincang-bincang bisnis bersama orang lain dan membicarakan proyek atas usahamu. Pokoknya saat kamu mulai bosan fitur ini sangat berguna untuk mengundang teman dalam sebuah Circle untuk ngobrol ngalir ngidul. Untuk aktifkan layanan ini pastikan kamu sudah mengaktifkannya terlebih dahulu.

Dari sekian banyak fitur Saya hanya mampu menampilkan beberapa saja diantaranya yang berguna dan sesungguhnya merupakan konsep baru dari Google dibisnis jejaring sosial. Akankah Google+ akan bernasib serupa dengan pendahulunya Orkut, Google Wave dan Google Buzz? kita tunggu saja kelanjutan ceritanya.

Jika kamu ingin melihat demo interaktif dari Google+. Oh ya jangan lupa Google+-Buttons tambahkan Saya sebagai teman Anda di Google+.

5 Balasan untuk “Google+ Jejaring Sosial dari Google”

    1. @farid

      Iya maaf Saya lupa informasikan bahwa Google+ masih dalam tahap proyek (test) dengan hanya beberapa orang saja yang diundang untuk masuk dalam tahap uji coba ini dan Saya tampaknya cukup beruntung bisa bergabung melalui undangan dari teman ke teman. Namun mereka mengatakan hal ini tidaklah lama karena sebentar lagi semua orang dapat menikmati fasilitas dari Google+.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *