Belajar Google Trends

google_trendsGoogle Trends bukanlah sesuatu yang baru dari Google, dimana layanan ini merupakan informasi yang sangat bermanfaat apabila Anda gunakan dengan baik untuk memaksimalkan ide tulisan dalam blog Anda. Saya sendiri biasanya sering memanfaatkan Google Trends sebagai panduan untuk menentukan dan mencari ide untuk tulisan-tulisan Saya di blog.

Berbagai macam ide dalam menulis di blog memang sangat bagus, namun Saya sangat menyarankan untuk membuat tulisan berdasarkan trend yang sedang “hot” saat ini adalah yang terbaik untuk mendapatkan trafik kunjungan yang banyak. Google Trends merupakan kumpulan informasi yang dilakukan oleh Google untuk merangkum pencarian yang paling sering dilakukan oleh semua orang yang memanfaatkan Google Search untuk mencari sesuatu via mesin cari Google.

Mengenal Google Trends

Google tentu saja merekam segala aktivitas kita dalam memanfaatkan mesin cari Google dalam pencarian. Berbagai model pencarian ini direkam Google untuk membuat kita lebih mudah dalam membuat putusan apa yang paling sering dicari oleh banyak orang di dunia. Google mengkategorikan pencarian ke dalam berbagai topik ataupun kategori yang lebih spesifik seperti internet, berita, foto, video, bisnis dan lain sebagainya.

Semua disajikan untuk kita dalam 4 fitur utama mesin cari Google yaitu:

  1. Pencarian Web
  2. Pencarian Gambar
  3. Pencarian Berita
  4. Pencarian Produk

Selain itu Google juga mengkategorikan pencarian berdasarkan negara-negara yang ada di dunia termasuk Indonesia. Dengan demikian kita bisa memanfatkan Google Trends untuk memunculkan ide tulisan yang spesifik untuk blog kita atau istilah kerennya “niche”. Dengan ide konten yang unik dan spesifik maka bisa dipastikan blog kita akan lebih baik peringkatnya dimata Google untuk diindeks baik kedudukannya dibandingkan blog yang berisikan konten yang beragam. Memang tidak sepenuhnya hal tersebut benar namun bagi kita-kita yang sulit sekali untuk membuat tulisan yang beragam, cepat dan muatan yang sangat banyak seperti situs berita detik.com, vivanews.com, okezone.com dan lain sebagainya maka hal ini akan sangat bermanfaat buat Anda.

Fasilitas Google Trends

Pencarian trend sesuai yang Anda pikirkan adalah yang paling utama dari seluruh fitur yang ada. Dimana kita bisa mengetikkan keyword atau kata kunci sesuai yang kita inginkan dan akan mendapatkan hasil berupa grafik atau angka kecenderungan terhadap pencarian kata kunci tersebut. Disana Anda bisa mendapatkan kesimpulan apakah topik yang Anda pilih sedang trend atau tidak, cenderung naik, biasa atau bahkan cenderung menurun trend-nya. Dengan demikian Anda bisa membuat putusan yang cukup bijaksana untuk membantu Anda menentukan apa yang terbaik.

google_com_trends

Mencari berdasarkan situs tertentu merupakan salah satu fitur dari Google Trends, dimana kita bisa menemukan hal yang paling sering dilakukan dan dicari oleh banyak orang pada sebuah situs. Silakan akses pada fitur Google Trends for Websites untuk menemukan hal yang sedang trend, lalu ketikkan sebuah situs yang ingin Anda dapatkan informasinya, sebagai contoh Saya mengetik detik.com.

google_com_insights_search_1

Dari hasil pencarian maka Anda bisa mendapatkan informasi sebagai berikut:

Wilayah yang paling banyak mengakses detik.com bisa Anda temukan jawabannya.

google_com_insights_search_2

Kemudian selain berkunjung ke detik.com para pengunjung juga mengakses situs-situs lain seperti detiknews.com, detiksport.com, detikhealth.com, detikinet.com, detikhot.com, detikfood.com, wolipop.com, detik.travel, ford.co.id, kompas.com. Kemudian mereka juga mencari kata kunci sebagai berikut: detik, detiknews, vivanews, okezone, kaskus, sriwijaya air, kompas, lion air, garuda indonesia, yahoo indonesia.

google_com_insights_search_3Fitur lain yang paling Saya sukai adalah Google Insights for Search. Kita bisa mencari baik berdasarkan keyword mapun tanpa keyword untuk mencari apa yang sedang trend berdasarkan rentang waktu tertentu dimana saja dan di negara-negara tertentu termasuk Indonesia. Google juga mengkategorikan pencarian berdasarkan kategori khusus yang sudah dirangkum oleh Gooogle.

Sebagai contoh Anda ingin mencari apa yang sedang trend diseluruh dunia untuk 30 hari terakhir via pencarian web di semua kategori, hasilnya akan nampak seperti gambar di atas.

Contoh lain jika target Anda spesifik untuk Indonesia, silakan pilih lokasi khusus Indonesia lalu tentukan rentang waktunya. Sebagai contoh Saya menentukan rentang waktu 90 hari terakhir untuk semua kategori, maka hasilnya sebagai berikut:

google_com_insights_search_4

Anda juga akan mendapatkan informasi pencarian/penelusuran yang sedang melejit dalam rentang waktu 90 hari tersebut:

google_com_insights_search_5

Dari data yang disajikan bisa diharapkan untuk membuat Anda memiliki ide yang tidak sia-sia untuk membuat tulisan yang sedang trend dan paling banyak dicari oleh banyak orang. Dengan demikian blog maupun situs kita akan lebih memiliki daya tarik tersendiri karena mengikuti arah trend yang ada dengan sangat jelas. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat Anda semua.

5 Balasan untuk “Belajar Google Trends”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *