Apa itu Google Adsense

google-adsense-logoSudah lama sebenernya Saya ingin menuliskan artikel tentang Google Adsense ini. Namun karena sudah banyak blog lain yang memberikan panduan maka berkali-kali Saya mengurungkan niat untuk membuatnya. Tapi kali ini tekad Saya sudah bulat untuk membuatnya karena banyak pertanyaan yang masuk ke Saya kenapa tidak ada artikel tentang Google Adsense yang merupakan salah satu sumber pendapatan utama dan paling favorit diantara sekian banyak sumber pendapatan online lainnya.

Google Adsense pertama kali diluncurkan sekitar tahun 2005 dan Saya sendiri baru memulai menggunakannya tahun 2007. Google Adsense adalah sebuah metode dari Google untuk memberikan kesempatan pada banyak orang untuk bertemu dalam satu media tepatnya antara pengiklan dan pemasang iklan atau istilah kerennya advertiser dan publiher. Dari sisi bahasa Indonesia memang tampak beda tipis antara pemasang dan pengiklan.

Siapa itu pengiklan? mereka adalah yang memanfaatkan layanan lain dari Google yaitu Adwords untuk memasang iklan agar dapat mempromosikan produk dan jasa mereka via internet (advertiser). Sedangkan pemasang iklan adalah situs atau blog yang bersedia untuk memajang iklan-iklan tersebut (publisher). Sampai disini seharusnya Anda sudah bisa mengerti konsep dari layanan Google Adwords dan Google Adsense.

Apa Keuntungan Bergabung dengan Google Adsense?

Tentu saja adalah uang. Kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang bersar tidak atau bukan lagi hanya impian semata. Hingga saat ini masih banyak rekan-rekan Saya yang menanyakan kebenaran dari Google Adsense, apakah benar dibayar? apakah bukan penipuan dan lain sebagainya. Jawabannya singkat dan jelas karena ini adalah layanan Google gitu loh… Google tidak usah dibantah lagi perusahaannya, bahkan dibandingkan banyak perusahaan di dunia termasuk Indonesia adalah sebuah raksasa internet. Siapa yang tidak mengenal Google? jika masih ada berarti kemungkinan masih hidup di zaman batu… haha becanda.

Sistem Google Adsense adalah model PPC atau Pay Per Click. Artinya kita akan dibayar apabila ada yang melakukan klik pada iklan yang tayang di situs/blog kita. Berapa besar pembayaran? bervariasi tergantung dari berapa besar nilai yang ditentukan oleh Advertiser yang membuat iklan tersebut. Selama bertahun-tahun Google merahasiakan nilai profit sharing yang akan diberikan ke kita sebagai Publisher, namun akhirnya Google membuka rahasia itu dimana kita akan dibayar sebesar 68% untuk iklan konten dan 51% untuk iklan via pencarian, baca pengumuman resmi Google masalah ini.

Layanan Google Adsense

Google Adsense memiliki beberapa model iklan yang bisa kita terapkan di blog, yaitu:

  1. Adsense untuk Konten
  2. Adsense untuk Pencarian
  3. Adsense untuk Feed
  4. Adsense untuk Domain
  5. Adsense untuk Konten Bergerak (Mobile)

Yang paling terkenal adalah 2 diurutan teratas yaitu Adsense untuk Konten dan Adsense untuk Pencarian.

Mendaftar ke Google Adsense

Yang ingin Saya berikan hanyalah tips untuk mendaftar agar dapat diterima oleh publisher Google Adsense dengan baik tanpa melalui orang lain berupa jasa pembuatan akun dan cara-cara yang tidak halal. Gunakanlah cara yang diatur oleh Google agar akun Adsense kita awet dan selamat hingga akhir hayat :D.

Saat ini memang banyak bertebaran informasi yang menawarkan jasa pembuatan akun Adsense, walaupun Saya tidak merekomendasikan namun memang layak untuk dicoba namun sebaiknya dihindari karena Anda tidak akan mendapatkan pengalaman yang berharga dan tidak tahu caranya untuk mengajukan blog Anda agar dapat diterima oleh Google Adsense. Saya jamin melakukan hal sendiri akan lebih memuaskan dan pengalaman yang sangat berharga asalkan semua aturan dan ketentuan yang berlaku Anda penuhi dengan baik.

Berikut tip dari Saya:

  • Gunakan blog berbahasa Inggris yang sudah terisi konten cukup banyak (minimal 10 artikel).
  • Blog sudah berumur kurang lebih 1 bulan bahkan lebih lama. Banyak yang mengatakan bahwa bisa kapan saja namun saran Saya tunda agar umur blog lebih tua setidaknya 2-3 bulan.
  • Pastikan telah terindeks oleh mesin cari Google dengan cara mengetik perintah site:namabloganda.com.
  • Gunakan email dari Gmail.com yang merupakan keluarga Google.
  • Gunakan Google Blogspot agar lebih mudah dan dekat hubungannya dengan Google. Walaupun Saya sendiri tidak menggunakan Blogspot saat mendaftar pertama kali melainkan menggunakan domain .com sendiri dan langsung disetujui tanpa ditolak.
  • Jangan buru-buru untuk mendaftar, karena sebaiknya fokuslah ke konten. Pastikan konten Anda unik dan bukan hasil salinan tulisan yang pernah dipublikasikan alias CoPas (Copy+Paste). Dengan fokus ke tulisan yang unik (niche) maka dijamin Google akan mempertimbangkan bahwa blog Anda layak untuk menjadi Publisher mereka.

Pengalaman Saya dulu hanya dibutuhkan waktu 3 hari kerja untuk mendapatkan hasil, tapi kemungkinan besar saat ini butuh waktu 1-2 minggu untuk mendapatkan jawaban apakah diterima atau ditolak. Jika diterima Anda bisa langsung memanfaatkannya, namun jika ditolak Google akan memberikan alasannya dan perbaikilah kesalahan tersebut.

Dalam artikel berikut Saya akan coba untuk menerangkan bagaimana cara memasang iklan Adsense untuk disisipkan ke dalam blog Anda. Sekian informasi ini semoga bermanfaat :).

 

24 Balasan untuk “Apa itu Google Adsense”

  1. thanks infonya mas Yudi

    dari sekian banyak info ttg Adsense, paparannya mas Yudi ini yang cukup sederhana dan mudah difahami. Tak heran blognya mas Yudi acceptable sama om Google ya:)

    ditunggu ya mas kiat2 simple nya

  2. Permohonan saya ditolak melulu mas yud. Menurut artikelnya di atas kemungkinan karena setting blog sy pake bhs. Indonesia barangkali itu maksudnya ya. Mohon pencerahannya mas…

    1. @ella

      Kemungkinan besarnya jg seperti itu. Tapi tidak semua bahasa Indonesia ditolak, contohnya gampang yaitu Detik.com hahaha. Tentu saja Google gak akan menolak mereka karena trafiknya disana sangat kenceng :). Coba lagi ya jangan menyerah dan semoga segera diterima.

  3. bos, ini cuma menyenangkan buat para pengelola bisnis online tukang sedot content blog lain. bisa gak ente tulis lagi, modus2 soal pencuri-pencuri content blog itu.

    1. @yudho

      Anda betul sekali. Begitu Saya selesai nulis artikel ini sudah banyak tukang sedot yg bahkan sudah menyedotnya hahaha tapi gak papalah berbagi ilmu itu semoga berpahala. Tulisan sejenis jg banyak diminta oleh komentator lain, mungkin lain waktu Saya tuliskan.

  4. om yudi, yang seneng ya para copaser itu ni. o ya, kan sekarang ini banyak orang bisnis online yang hobinya copas blog lain. mencari untung dari karya blog lain untuk cari recehan. boleh juga dong di share pengetahuan om yudhi tentang operasi para copaser itu, bukan hanya sekedar tips2 anti copas lho ya.

    1. @siswanto

      Cara copas memang gampang sekali dilakukan, hal ini cuma tinggal etikanya saja apakah mereka punya niatan baik atau tidak. Biasanya para tukang copas merupakan orang yg malas untuk menuliskan atau memang belum punya keberanian dan kemampuan untuk menuliskan sesuatu, atau ya memang punya tujuan spt salah satunya yang Anda sebutkan itu.

  5. Saya sudah merasakan manfaat google adsense dalam memenuhi kebutuhan financial saya. Tips di atas sangat saya rekomendasikan.
    Terima kasih Om Yudhi salam kenal

    1. @Foto Smash

      Memang sebaiknya jangan jika masih ragu karena akan membuat blog kita akan sedikit kurang menarik kalo tidak tepat meletakkannya. Kalimat menunggu resmi dari Google sudah sering saya dengar dan ini sudah tahunan, tampaknya akan lama dan sulit buat Google utk secara resmi support Indonesia.

  6. Informasinya sangat falid,tanpa di ragukan lagi.
    pengalaman saya untuk mendaftar ke google adsense sangat luar biasa mas,knp…?ha…karena sebelumnya saya tak pernah mencoba,dan tak ada pengalaman sama sekali utk mendaftar kesana belum lagi ketika saya masih baru baru di dunia blogging.!Terkejutnya saya ketika dalam watku 2 jam account saya sdh di approved,!pikiran saya,,,,kenapa orang lain banyak yg berkata kl mendaftar ke google adsense sangat sulit..?blog harus bahasa inggris..? sementara blog saya bhs indo dengan konten gado gado…?
    Tapi walau sdh di approv account sya,sampai skrng ini pendapatan dari google adsense blm pernah saya nikmati mas…!!saya ga tau bagaimana caranya agar klik adsense saya banyak…!
    Saya menunggu informasi itu dari mas Yudi…!

    1. @situsonline

      Pengalaman yang luar biasa ya… bisa cepet banget di approve hehe cuma sayang gak dimanfaatkan ya? mungkin blom optimal aja, coba deh dimaksimalkan lagi dan banyak belajar kayak Saya jg masih taraf belajar terus soal ini.

  7. saya dalam waktu 2-4 jam langsung di approve.
    dan nunggu 4 hari review..

    ada yang mau? baca di blog saya…

    (he..he.. numpang tenar ya mas Rahmat Wahyudi)

  8. Dulu ane udah pasang adsense, tp nggak tau kenapa sekarang udah ke banned mas. Ada solusi?
    Mohon pencerahannya mas :(

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *