5 Menit Instalasi WordPress

Tulisan ini masih merupakan kelanjutan dari artikel yang pernah saya tulis untuk menginstalasi WordPress pada komputer pribadimu. Bagi yang belum membaca silakan lihat dulu persiapan apa saja yang perlu diperhatikan sebelum langkah demi langkah instalasi WordPress dilakukan pada tulisan “Cara Mudah Instalasi WordPress“.

Setup Database MySQL

WordPress membutuhkan database MySQL untuk menyimpan data, mari kita membuatnya terlebih dahulu. Silakan buka browser kamu dan arahkan ke http://localhost/phpmyadmin. Masukkan user root dengan password “kosong” apabila kamu belum mengganti kata sandinya, jika sudah diganti silakan sesuaikan.

Pertama kali saran saya adalah membuat sebuah user terlebih dahulu untuk menangani semua database yang kamu butuhkan nantinya dan jangan gunakan root. Berikut langkahnya (untuk tampilan bahasa Inggris):

  1. Klik menu “Privileges
  2. Pilih menu “Add New User
  3. Masukkan informasi login seperti User name, Host (harus Local: localhost) dan Password 2 kali lalu klik tombol “Go“.
  4. Setelah berhasil dibuat kamu bisa kembali lagi ke halaman utama lalu buatlah sebuah database baru, sebagai contoh saya berikan nama database-nya adalah WordPress.
  5. Setelah sebuah database berhasil dibuat, saatnya untuk mengkoneksikan user yang telah dibuat terhadap database yang juga telah kita buat. Caranya silakan klik menu “Privileges” lalu pilih nama user tersebut lalu cari pada bagian “Database-specific privileges – Add privileges on the following database:“. Carilah nama database WordPress tadi kemudian kamu akan dibawa ke bagian seperti terlihat pada gambar.
  6. Minimal kamu wajib untuk mencentang seperti yang terlihat juga pada gambar.
  7. Terakhir adalah langkah untuk me-reload setting-an yang telah kamu buat dengan cara kembali ke halaman utama phpMyAdmin lalu klik menu “Reload Privileges

Sampai disini setup database telah selesai, untuk mengujinya silakan logout kemudian login-lah menggunakan user dan password baru kamu. Apabila berhasil terlihat database WordPress maka kamu sudah siap untuk melanjutkan instalasi WordPress.

Instalasi WordPress Dalam 5 Menit

WordPress terkenal dengan istilah proses instalasi yang sangat cepat. Katanya sih gak sampai 5 menit sudah beres, coba saja kamu buktikan!.

Silakan ekstrak file WordPress yang telah kamu download dan tempatkan pada folder c:\xampp\htdocs, pastikan kamu meletakkan folder file-file WordPress disana. Sehingga struktur direktorinya akan menjadi c:\xampp\htdocs\wordpress.

Dalam contoh berikut saya menggunakan WordPress versi Bahasa Indonesia.

  1. Buka browser favoritmu dan ketikkan pada jendela alamat: http://localhost/wordpress. Layar akan tampak seperti gambar di bawah. Penting untuk diperhatikan bahwa WordPress menggunakan sebuah file PHP untuk menyimpan informasi database MySQL yaitu file wp-config.php. Karena file tersebut belum dibuat maka munculah halaman tersebut. Jangan khawatir lanjutkan saja dengan klik “Ciptakan Berkas Konfigurasi“.
  2. Selamat datang di WordPress“, ini adalah halaman berikutnya yang akan kamu temui seperti terlihat pada gambar berikut. Pastikan kamu telah mengetahui secara pasti informasi database MySQL seperti nama database, user dan password-nya. Klik tombol Ayo! jika telah siap.
  3. Masukkan Nama Basis Data, Nama Pengguna, Kata Sandi (Password), Host Basis Data, Awalan Tabel (Table Prefix). Untuk Host Basis Data silakan isikan dengan localhost, sedangkan untuk Awalan Tabel silakan gunakan inisial default-nya yaitu wp_ atau bisa tentukan sendiri inginnya seperti apa asalkan berkesan unik. Lanjutkan dengan klik tombol “Kirim“.
  4. Jika semuanya sudah benar maka kamu telah siap untuk memulai instalasinya dengan cara klik tombol “Menjalankan Instalasi“.
  5. Tunggu sejenak tapi jangan kemana-mana karena proses ini sangat cepat dan layar akan berganti ke halaman “Selamat Datang” kembali. Isikan informasi Judul Blog yang kamu inginkan lalu ketik e-mail kamu dengan benar lalu tekan tombol Instal WordPress.
  6. Ok sampai disini kamu akan mendapatkan informasi user yaitu admin dengan level Administrator dan password acak yang telah dibuatkan oleh WordPress. Silakan gunakan user dan password tersebut untuk Masuk-Log pertama kali.

Hingga no. 6 di atas instalasi WordPress sudah selesai dilakukan dengan sukses. Tapi tunggu dulu! jangan lupa untuk segera mengganti password acak user admin tadi dengan password bikinan kamu sendiri. Bagaimana jika lupa menggantinya? bahkan kamu juga lupa dengan password acak tadi? jangan khawatir silakan cek e-mail kamu karena disana akan ditemukan informasi user admin beserta password-nya tersebut.

45 Balasan untuk “5 Menit Instalasi WordPress”

    1. @nunu

      Itu tidak bisa dihilangkan, itu pertanda anda belom meletakkan file apapun di server hosting anda, atau anda belum memiliki file index yg di bolehkan oleh web server, umumnya server hosting berbasis linux harus ada file index.html, index.htm, index.php. Jika berbasis windows umumnya harus ada file Default.htm, Default.asp, dll. Jadi pastikan lagi sudah benar anda melakukannya

  1. mau nanya saya kan instal wordpress di 000webhost.com dengan DNS co.cc tetapi kok pada saya buka blognya kok muncul index of trus ada sub menunya yaitu wordpress, trus kalo diklik baru muncul wordpress…
    jadi bagaimana cara menghilangkan tulisan index of itu ???

    1. @cahyo

      Saat file kompresi wordpress.zip di extrack dia akan otomatis membuat folder wordpress. Pindahkan semua isi folder wordpress ke root/home direktori langsung berada tepat dibawah /public_html, otomatis index of akan hilang. Kenapa muncul index of? ini dikarenakan folder root/home dir anda belum ada file index, understand? 😀

  2. Mas mau tanya, kenapa ya ketika saya membuka website saya di halaman depannya ada tulisan “index of dan ada link wordpress”? Bagaiamana cara untuk menampilkan langsung halaman website saya?

  3. mas gimana cara mengantisipasinya yang tdi dia bilang
    Warning: sprintf() [function.sprintf]: Argument number must be greater than zero. in C:\xampp\htdocs\wordpress\wp-includes\wp-db.php on line 760
    tolong di bantu mas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *