Cara Mudah Instalasi Wordpress - Yudhitech DotCom
Ditulis pada 18 Juni 2008, oleh

Cara Mudah Instalasi WordPress

WordPress dikenal sebagai perangkat lunak atau software gratis yang bersifat open source. Sebagai penganut open source kita dapat menggunakannya secara bebas hingga dapat mengubah-ubah kode programnya asalkan kita teta mencatumkan perubahan yang dilakukan dan merujuk pada pembuat sebelumnya yaitu WordPress itu sendiri.

Saya pernah menuliskan WordPress sebagai software terbaik saat ini sebagai media untuk ngeBlog pada posting-an saya di SejutaBlog. Disana dijelaskan mengapa menggunakan WordPress, sejarah, fitur-fiturnya dan keunggulannya.

Disini kita belum akan membahas bagaimana memasang WordPress pada sebuah server hosting yang telah online 24 jam sehari di Internet. Namun saya akan berbagi tips dan pengalaman bagaimana caranya menginstalasi WordPress pada komputer pribadi.

Kenali dan Pelajari WordPress Terlebih Dahulu

“Tak kenal maka tak sayang”, itulah pribahasa yang tepat untuk menggambarkan antara kamu dan WordPress. Jika kamu sudah jatuh cinta pada sesuatu tentunya kamu pasti akan sangat sayang. Saya akan mencoba untuk memberikan pengalaman saya menggunakan WordPress pada komputer pribadi saya.

Mengapa ini perlu dilakukan? sebelum kamu memutuskan menggunakan WordPress maka adalah sangat penting untuk mempelajarinya terlebih dahulu, paling tidak secara umum kamu dapat mengetahui cara kerjanya.

Pendahuluan

WordPress adalah aplikasi berbasis web yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan database server MySQL. Jika kamu belum mengetahui apa itu PHP silakan mencoba untuk mengenal sedikit melalui artikel saya di SejutaBlog mengenai Mengenal PHP.

Saya sangat merekomendasikan kamu agar juga mengenal beberapa sintaks HTML sebagai bahasa dasar pembuat sebuah website. HTML bukan bahasa pemrograman tapi hanyalah susunan tag-tag yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah layout halaman website seperti yang banyak kita temukan. Banyak sekali software komputer yang telah ada dipasaran baik gratis maupun berbayar seperti Adobe Dreamweaver, PHP Designer, Coffee Cup HTML Editor, Notepad++ dan lainnya. Cara mendesain tag HTML ada 2 cara yaitu cara manual dan secara visual, saran saya adalah menggunakan cara manual apabila kamu ingin menjadi seorang web desainer yang handal. Namun jika kamu merasa kesulitan, silakan gunakan software yang berorientasi pada pembuatan tag HTML dengan cara visual. Banyak sekali keunggulan saat kamu mengetahui kode-kode atau tag HTML secara manual karena hal tersebut nantinya akan sangat berguna dikemudian hari. Saya juga telah menuliskan step-by-step artikel Dasar-Dasar HTML di SejutaBlog.

WordPress membutuhkan sebuah web server yang berjalan di komputer kamu sebagai sebuah aplikasi yang melayani permintaan akses layaknya orang mengakses internet. Web server paling populer saat ini dan yang paling banyak digunakan adalah Apache HTTP Server. Ada beberapa web server lain tapi saya tidak akan membicarakannya disini.

Dapat disimpulkan bahwa WordPress membutuhkan minimal:

  1. Web Server Apache – http://http.apache.org
  2. PHP – http://www.php.net
  3. MySQL – http://www.mysql.com

Disini saya tidak akan menginstalasi satu persatu mulai dari Apache hingga MySQL, namun saya akan memberikan informasi pada kamu bahwa sudah ada sebuah software yang dapat diambil secara gratis di Internet yang sudah membungkus semua itu menjadi satu. Bahkan lebih lengkap lagi dengan adanya beberapa aplikasi open source lainnya. Contoh software-software tersebut adalah:

Saya akan gunakan XAMPP sebagai perangkat lunak kita dalam contoh yang akan saya berikan. Teman saya Mas Danang menuliskan sebuah artikel bagus mengenai Instalasi Apache, PHP, MySQL bahkan mencakup EasyPHP di SejutaBlog.

Instalasi XAMPP

Penting: Contoh berikut ini hanya untuk pengguna sistem operasi Windows, untuk sistem operasi lain pada prinsipnya adalah sama namun saya tidak membuatkan contohnya.

Setelah kamu download XAMPP di http://www.apachefriends.org, jalankan programnya lalu ikuti saja beberapa langkahnya hingga selesai. XAMPP akan di install pada folder C:\xampp. Pastikan kamu memberikan pilihan untuk menjalankan Apache dan MySQL sebagai servis yang harus dijalankan komputermu saat dinyalakan sehingga tidak usah bersusah payah untuk menjalankannya secara manual.

Beberapa aplikasi penting yang sudah termasuk saat kamu instalasi XAMPP adalah:

  • phpMyAdmin – berguna untuk mengelola database MySQL, berbasis web dan bisa diakses menggunakan browser.
  • FileZilla FTP – adalah sebuah server FTP yang berguna jika kamu ingin mengirimkan (upload) file-file ke server.
  • Mercury Mail – merupakan aplikasi server untuk mengelola pengiriman dan penerimaan e-mail.
  • Perl – adalah interpreter bahasa pemrograman CGI seperti PHP juga.
  • Webalizer – sebuah aplikasi statistik akses terhadap seluruh aktivitas web server yang kamu miliki.

Adapun struktur folder dari XAMPP adalah sebagai berikut:

Menjalankan XAMPP Pertama Kali

Sebuah shortcut menuju aplikasi akan terbuat secara otomatis pada Desktop komputermu yaitu XAMPP Control Panel. Silakan jalankan dan kamu akan melihatnya seperti gambar di bawah ini:

Terlihat bahwa XAMPP Control Panel mengelola Apache, MySQL, MercuryMail dan FileZilla. Jika tertulis “Running” maka aplikasi server tersebut telah berjalan pada komputermu.

Konfigurasi WordPress di XAMPP

WordPress dapat diambil pada website resmi mereka di http://wordpress.org, saat saya tulis versi terakhir mereka adalah 2.5.1. WordPress juga merilis versi ke dalam beberapa bahasa lain selain Inggris, dan beruntunglah kamu karena bahasa Indonesia telah ada serta bisa di download dari http://id.wordpress.org.

Ada 2 jenis ekstensi file WordPress yaitu .ZIP dan .TAR.GZ, silakan ekstrak ke XAMPP, yaitu pada folder C:\xampp\htdocs. Apabila kamu memiliki banyak aplikasi lain selain WordPress maka salinlah semuanya ke folder tersebut untuk dapat dijalankan pada komputermu.

Untuk tes pertama kami silakan jalankan browser favoritmu dan ketikkan http://localhost pada baris alamat. Apabila muncul seperti gambar di bawah ini maka instalasi XAMPP sudah berhasil dilakukan.

Sekarang saatnya untuk mengkonfigurasi WordPress yang akan saya jelaskan di artikel selanjutnya.

43 Respon, bagaimana pendapatmu?

  1. Imam pada tanggal 21 Februari 2009 jam 11:22

    sebelumnya thanks atas ilmunya, saya sudah coba untuk mendownload XAMPP, tapi begitu selesai download dan saya installl malah keluar komentar : “XAMPP win32 not found, Unable to get install path” kira-kira maksudnya dan solusinya bagaimana mas ya….thanks

  2. Yudhi pada tanggal 21 Februari 2009 jam 22:07

    @Imam
    Tampaknya file download Anda corrupt (rusak) atau blom selesai dgn sempurnah proses download-nya. Solusinya download ulang.

  3. Imam pada tanggal 24 Februari 2009 jam 09:00

    Thanks so much mas….ternyata saat ini saya sudah sukses membuat blog wordpress offline, cuman ada yang masih mengganjal nich….apakah bisa blog yang sudah saya buat lewat online ini (www.balgedabal.wordpress.com), saya masukkan ke wordpress offline ? atau sebaliknya ? thanks so much ….saya tunggu kabarnya

  4. Yudhi pada tanggal 24 Februari 2009 jam 23:01

    @Imam
    Bisa banget mas… karena sesama WordPress bisa saling Export dan Import. Silakan coba melalui menu Settings atau Pengaturan

  5. andi pada tanggal 9 Maret 2009 jam 10:13

    mas gimana caranya untuk menampilkan wordpress yang offline tadi agar bisa online di internet.
    kalau bisa di kirim lewat e-mail biar lebih jelas.
    pleace……aku butuh banget
    thank….!

  6. Yudhi pada tanggal 14 Maret 2009 jam 01:27

    @andi
    Ya agar bisa online tentunya harus Anda letakkan di server hosting Internet dong. Misal menggunakan WordPress.com atau semua blog hosting gratis berbasis WordPress seperti milik saya IndoWeblog.com juga bisa. Cara mudahnya ya Anda import setelah proses export dilakukan. Biar saya jawaban saya langsung masuk inbox email Anda silakan langganan komentar ini

  7. mangcek pada tanggal 16 April 2009 jam 11:51

    mas. saya udah coba instal wordpress yang bahasa indonesia. sewaktu Upload nggak bisa. Katanya File is too big jadi nggak bisa deh. apanya sih yang kebesaran ? Oh ya saya hosting di 000webhosting.com mohon dijelasin ya ?

  8. Yudhi pada tanggal 17 April 2009 jam 17:46

    @mangcek
    Anda orang palembang ya? hehehe. Gini bang… sewaktu upload via WordPress maka akan di cek konfigurasi PHP.INI yang ada di server. Coba dilihat ukuran file yang Anda upload. Jika dibuka file tersebut perhatikan pada baris :
    ; Maximum allowed size for uploaded files.
    upload_max_filesize = 32M

    Nah disana angka defaultnya setahu saya 32M, jika Angka ini lebih kecil dari file yang Anda upload maka akan gagal. Anda hanya bisa upload file yang berukuran lebih kecil dari 32M. File PHP.INI bisa ditemukan di folder konfigurasi PHP Anda. Jika Anda pakai XAMPP seperti pada tutorial saya. Lihat di folder C:\xampp\apache\bin\php.ini. Silakan di edit dan sesuaikan kebutuhan Anda. Ingat bahwa server internet pasti lebih kecil dari 32M dimana yg saya tau adalah kisaran 10M saja. Smoga membantu!

  9. gereggiseptino91 pada tanggal 17 April 2009 jam 06:08

    wew.. misi mas yudhi.. kapan2 tukar2 bahan ya.. haha.. lam kenal.. thx udah pakai link saya sebagai acuan…

    tapi jgn lupa “jgn copy mll” tambahin link sumber kek gt.. haha…

    thx.. happy blogger indo!

  10. Yudhi pada tanggal 17 April 2009 jam 17:47

    @gereggiseptino91
    Sip… dengan senang hati mau tukaran link

  11. loopdreamer pada tanggal 18 Mei 2009 jam 10:56

    terima kasih pak…nanti akan saya coba… sekaligus belajar…maklum q masih baru banget mengenal dunia ini…jadi perlu banyak banget balajar…mohon petunjuknya…

  12. owner icakicik.com pada tanggal 15 Juni 2009 jam 11:23

    Salam kenal.. Wah, nice artikelnya.. Bisa link exchange?

  13. Uchiq pada tanggal 16 Juni 2009 jam 20:35

    Salam kenal, artikel yang sangat bagus!

  14. hendro pada tanggal 26 September 2009 jam 11:55

    terima kasih pak informasinya………………sukses untuk anda

  15. Firdaus pada tanggal 12 Oktober 2009 jam 00:07

    Sangat menikmati tulisan-tulisan anda,saya sebenarnya baru mau belajar buat blog di wordpress, jadi tulisan-tulisan anda sangat berguna bagi saya, terima kasih cuma mau tanya nih, kalau bagaimana cara memback up file-file kalau tiba-tiba windows down?

  16. Yudhi pada tanggal 12 Oktober 2009 jam 00:13

    @Firdaus

    Untuk backup tersedia banyak sekali software berbayar hingga yg open source, silakan cari di download.com atau softpedia.com

  17. Firdaus pada tanggal 12 Oktober 2009 jam 06:54

    terima kasih,saya baru saja daftar domain ke co.cc juga sudah buat hosting gratis di 000webhost.com,status di co.cc “allowed” padahal yang saya setup cuma nama server saja 1 dan 2, bagian “zone records” dan “url forwarding” saya tidak otak-atik (kalau boleh tolong jelaskan keperluan kedua bagian tersebut),status pada 000webhost “setup in progress”,kalau setup sudah ok..apa langkah selanjutnya….adoooi panjang mas,minta maaf.

  18. firdaus pada tanggal 12 Oktober 2009 jam 12:31

    maaf datang lagi! untuk lebih jelasnya masalah saya begini!
    saya daftar user dan password baru jadi sekarang dalam MySQL ada 2 user,saya dah daftar domain ke co.cc (status skrang “allowed”)dan 000webhost untuk hostingnya (status skarang “setup is progress”),yang saya tidak paham apakah MySQL beroperasi dengan root atau user baru?root status “Grant”,tapi yang pasti user name dan pasword dalam ” wp-config-php ” yang terdapat pada c/xampp/htdocs/wordpress adalah sama dengan user baru,tapi saya lihat “wp-config-sample.php”,nongol juga di situ persis di bawa “wp-config.php”,adakah semaua ini tidak menjadi masalah kemudian atau barangkali ini yang menjadikan website saya blum online??mohon pencerahan,terima kasih

  19. maya pada tanggal 25 November 2009 jam 17:02

    salam kenal……..
    tulisa anda sngat berguna bagi saya yang sebenarnya masih belajar tentang itu.
    terimakasih……..

  20. Christian Louboutin Shoes pada tanggal 10 Juni 2010 jam 07:43

    I hear ya too. They were the best.

  21. yohan pada tanggal 10 Juni 2010 jam 15:32

    good post

  22. cerita lucu pada tanggal 17 Oktober 2010 jam 21:32

    terima kasih infonya gan tutor nya lengkap dan jelas sehingga mudah di pahami.. saya sendiri sangat menyukai wordpress… wordpress saya pikir cms yang sangat powerfull .. apalagi dilengkapi dengan plugin dan widget yang hampir semuanya gratis

  23. 27 Tips Untuk Blog Berbasis Wordpress | SejutaBlog pada tanggal 9 Oktober 2011 jam 14:33

    […] untuk keseluruhan blog berbasis wordpress milik kamu selanjutnya. Jika kamu belum pernah mengetahui cara instalasi WordPress silakan membaca artikelnya terlebih […]

Tuliskan Pendapatmu