6 Pertanyaan Tentang Paypal Yang Wajib Tahu Jawabannya - Yudhitech DotCom
Ditulis pada 1 November 2011, oleh

6 Pertanyaan Tentang Paypal Yang Wajib Tahu Jawabannya

logo_paypal

Paypal merupakan alat pembayaran online yang paling populer saat ini. Jika Anda ingin bertransaksi secara online via Internet maka Anda wajib tahu yang namanya Paypal. Membuat akun Paypal adalah gratis, jika belum memilikinya silakan mendaftarkan Paypal terlebih dahulu.

Tulisan ini akan merangkum tulisan Saya sebelumnya tentang bagaimana cara melakukan verifikasi Paypal dan juga termasuk menarik dana dari Paypal yang cukup mendapatkan perhatian dari pengunjung blog ini. Nah, tulisan ini sekaligus juga akan menjawab semua pertanyaan yang sering diajukan pada bagian komentar dan biasanya selalu berulang-ulang. Semoga tulisan ini akan menuntaskan ketidaktahuan Anda tentang Paypal dan hal-hal yang berkaitan dengannya.

Sangat penting untuk memahami bagaimana cara kerja dari Paypal sehingga Anda dapat mengandalkan Paypal sebagai penunjang bisnis online Anda. Proses verifikasi merupakan hal penting yang wajib dilakukan oleh setiap Anda yang memiliki akun Paypal dan Saya sangat menganjurkan menggunakan cara yang legal dan aman untuk melakukannya yaitu melalui kartu kredit ataupun bank lokal Indonesia.

1. Tipe Akun Paypal

Sebelum Anda membuat akun Paypal, ketahuilah bahwa ada 3 (tiga) jenis akun Paypal yang dapat kamu tentukan. Ketiga jenis akun Paypal tersebut adalah:

  • Personal Account (akun personal)
  • Premier Accunt (akun premier)
  • Business Account (akun bisnis)

Ketiganya memiliki perbedaan satu sama seperti terlihat pada tabel di bawah ini:

Personal Account Premier Account Business Account
Cocok untuk perorangan yang berbelanja online via internet Untuk perorangan yang berbelanja dan menjual barang secara online via internet Untuk pedagang yang menjual barang/jasa secara online dan mewakili suatu perusahaan atau kelompok usaha

Setelah mendaftar maka semua peraturan yang ada akan melekat pada akun Anda termasuk masalah fee yang akan dikenakan pada setiap transaksi yang terjadi. Jangan khawatir tentang jenis akun tersebut karena kita dapat berpindah dari satu akun ke tipe akun Paypal yang lainnya jika tidak merasa cocok atau memberatkan.

Selain ketiga jenis akun di atas ada 1 jenis tambahan yaitu untuk Pelajar (student) dimana setiap pelajar dapat memiliki akun Paypal dengan persetujuan orang tua mereka.

2. Transaksi Online dan Pengiriman Uang

Dalam pendangan Paypal ada 2 jenis transaksi yang dapat dilakukan via Paypal. Transaksi online adalah semua jenis pembayaran baik menerima maupun mengirimkan uang melalui tempat-tempat yang menyediakan pembayaran via Paypal. Contohnya apabila Anda ingin membeli sebuah barang lalu disediakan menu untuk membayarnya melalui Paypal.

Sedangkan yang kedua adalah pengiriman uang layaknya kita mengirimkan uang via bank. Proses ini bisa dengan mudah dilakukan via e-mail tujuan yang sudah terkait dengan akun Paypal.

Pengiriman Uang Transaksi Online
Gratis selama tujuan Anda juga memiliki akun Paypal dan Anda mengirimkannya menggunakan saldo Paypal Semua transaksi pembayaran adalah gratis
Jika mengirim uang yang berasal dari Kartu Kredit maka akan dikenakan fee sebesar 3,4% + 0,30 US Dollar (biaya ini dapat dibayar oleh penerima atau pengirim) Dikenakan fee 2,4% – 3,4% +0,30 US Dollar apabila kita menerima pembayaran

3. Bagaimana Cara Menggunakan Kartu Kredit via Paypal

Paypal mendukung penggunaan jenis kartu kredit yang ada saat ini seperti Visa, MasterCard, Discover dan American Express. Perlu juga diketahui bahwa Paypal mengizinkan kita untuk mengirimkan uang ke kartu kredit tersebut.

tambah_kartu_kredit_paypal

Sebelum menggunakannya silakan tambahkan terlebih dahulu minimal satu buah kartu kredit ke akun Paypal Anda.

  • Login ke akun Paypal
  • Pilih Menu My AccountProfileAdd/Edit Credit Card

Masukkan informasi yang diminta seperti nama depan, nama belakang, nomor kartu, jenis kartu, tanggal masa berlaku kartu, nomor verifikasi kartu kredit dan alamat Anda.

Lakukan Proses Verifikasi

Proses verifikasi sangatlah penting untuk memastikan Anda telah berhasil menghubungkan sebuah kartu kredit ke rekening Paypal kita. Proses ini cukup mudah dan sangat Saya rekomendasi untuk dilakukan segera agar akun Paypal Anda siap untuk digunakan. Proses ini akan dikenakan biaya sebesar 1,95 US Dollar dan tidak hangus karena akan dikembalikan sebagai saldo pada akun Paypal Anda. Ingat bahwa proses ini hanyalah verifikasi dan tidak dikenakan biaya sama sekali.

Ada beberapa proses verifikasi lain seperti yang sering ditawarkan di internet dengan iming-iming akun Paypal Anda verified. Cara ini dapat Anda gunakan namun tidak Saya rekomendasikan dan Anda akan dikenakan sejumlah biaya (kisaran Rp. 80.000 – Rp. 175.000).

Verifikasi Menggunakan Bank Lokal Indonesia

Pada tahap ini Anda tidak membutuhkan kartu kredit untuk melakukan proses verifikasi namun cukup menggunakan rekening bank lokal kita di Indonesia. Baca artikel cara verifikasi Paypal menggunakan Bank lokal Indonesia.

4. Menarik Uang dari Paypal ke Kartu Kredit atau Bank Lokal

Proses menarik dana dari Paypal dapat Anda temukan pada 2 artikel Saya yang cukup populer dan bisa dijadikan panduan Anda:

Menarik uang Paypal ke Bank lokal

  • Klik menu My AccountWithdraw
  • Pilih menu Withdraw funds to your bank account
  • Masukkan informasi yang diminta lalu klik tombol Continue
  • Klik tombol Submit

Proses ini akan memakan waktu 5 – 7 hari kerja. Sejumlah biaya akan dikenakan saat penarikan yaitu Rp. 16.000,- untuk penarikan dibawah Rp. 1.499.000 dan gratis apabila penarikan dana di atas Rp. 1.499.000,-. Hati-hati saat Anda salah memberikan informasi bank, karena akan dikenakan Rp. 50.000,- untuk mengembalikannya ke rekening Paypal Anda.

Catatan: Khusus jenis akun Personal hanya bisa menarik dana maksimal sebesar 500 US Dollar perbulan.

Menarik uang Paypal ke Kartu Kredit

  • Pilih menu My AccountWithdraw
  • Klik menu Withdraw funds to your bank card
  • Masukkan jumlah yang Anda inginkan dan pilih sebuah kartu kredit yang dimiliki untuk menerima dananya

5. Cara Menambah Dana ke Paypal

Untuk kita orang Indonesia atau yang hanya memiliki rekening bank lokal Indonesia maka kita tidak bisa melakukannya (setidaknya saat ini) untuk menambah dana ke rekening Paypal kita. Paypal tidak akan mengenakan biaya apapun pada proses ini, namun kemungkinan besar bank kita akan mengenakan sejumlah biaya.

Tiga langkah mudah menambah dana

  • Pada menu My AccountTop Up
  • Pilih salah satu bank Anda dan klik tombol Continue
  • Anda akan dibawa menuju sebuah halaman untuk memasukkan jumlah uang yang akan dimasukkan. Jika ingin menambah dana dalam bentuk dollar Amerika silakan masukkan jumlahnya lalu klik tombol Recalculate untuk memperbarui jumlahnya pada kurs mata uang lokal kita.

Proses ini akan memakan waktu 1 – 3 hari kerja dan sangat tergantung dari Bank kita. Perlu diingat bahwa nama pemilik rekening bank dan informasi akun Paypal Anda wajiblah sama.

6. Memahami Nilai Tukar Uang (Kurs) di Paypal

Paypal memiliki nilai tukar yang tinggi dibandingkan nilai tukar uang di Bank pada umumnya. Untuk melihat nilai tukar uang ikuti langkah berikut

  • Pada menu My AccountProfile
  • Pada bagian kiri halaman, klik menu My Money
  • Klik menu Currencies yang ada dibagian kanan PayPal balance

mata_uang_paypalJika transaksi Anda melibatkan konversi mata uang, transaksi akan diselesaikan dengan menggunakan kurs mata uang asing yang diperoleh PayPal dari lembaga keuangan, yang disesuaikan secara berkala berdasarkan kondisi pasar.

Kurs ini termasuk biaya pemrosesan 2,5% di atas kurs dan biaya pemrosesan tersebut akan disimpan oleh PayPal. Kurs spesifik yang berlaku untuk transaksi Anda dalam berbagai mata uang akan ditampilkan pada saat transaksi terjadi.

7. Menambah dan Mengganti Mata Uang di Paypal

 

nilai_tukar_paypal

Dengan sangat mudah Anda bisa melakukan penambahan mata yang ingin Anda gunakan saat menerima pembayaran. Tersedia berbagai pilihan mata uang dari berbagai negara, hal ini akan berguna apabila kita ingin menerima komisi pembayaran dalam mata uang tersebut tanpa harus melakukan penukaran secara otomatis karena perbedaan mata uang.

Lakukan perubahan ini melalui menu seperti tertera pada bagian 6 di atas.

Informasi yang Saya sajikan di atas sudah disesuaikan dengan kondisi kita yang berada di Indonesia terutama masalah fee yang akan dikenakan pada sebuah transaksi online karena ada perbedaan fee apabila kita berada di Amerika Serikat dan luar negara tersebut.

57 Respon, bagaimana pendapatmu?

  1. Ira pada tanggal 24 November 2014 jam 11:50

    Mau tanya Mas Yudhi, saya sudah melakukan pembayaran untuk barang pesanan saya melalui Paypal dan ditagihkan ke Kartu kredit saya…
    Yang ingin saya tanyakan, apakah saya bisa membatalkan pembayaran yg telah saya lakukan..? krna sya sedikit kecewa dg supliermya…
    Klo bisa bagaimana caranya? apakah saya akan dikenakan denda/pinalty? terima kasih.

  2. Bayrie pada tanggal 11 Februari 2016 jam 00:04

    Mas saya mau nanya, setelah saya verifikasi paypal. Saya cek di transaksi kartu kredit ada pengiriman ke Zuhria sebesar $18. Lokasi singapore padahal saya blm melakukan transaksi apapun ? Mohon penjelasanya mas.

Tuliskan Pendapatmu